Home

Puisi

baak Gunadarma

Gunadarma

Studentsite

2/27/2010

Webmin

Berhubung saya adalah seorang programmer yang sering berkutat dengan webmin di Lab Management Menengah Universitas Gunadarma, saya akan sedikit berbagi ilmu pada kawan-kawan tentang pekerjaan saya di Lab.

saya sering sekali berhubungan dengan jaringan yang biasa disebut webmin, berikut adalah penjelasannya :

1. Webmin
Menu ini untuk mengkonfigurasi hal-hal yang berhubungan dengan webmin itu sendiri. Misalnya penggunaan dari ssl, disini juga kita bisa mengatur IP berapa saja yang berhak untuk meremote webmin yang kita miliki
2. System
Menu system ini berhubungan dengan system operasi yang digunakan. Disini penulis menggunakan Ubuntu 8.10 OS. trus apa saja yang bisa dilakukan didalam menu ini ? didalam menu ini, kita bisa mengatur daemon yang dijalankan, menginstall aplikasi, menambahkan user dan group serta masih banyak yang lainnya.
3. Servers
Menu ini akan mengkonfigurasi semua jenis aplikasi server, mulai dari Webserver, DNS Server, Mail Server, FTP Server dan masih banyak server-server yang lain.
4. Others
Menu ini berisikan command shell, custom command, file manager, Perl Modules, Protected web directories, antar muka untuk telnet maupun SSH.
5. Networking
Menu ini berisikan bagian-bagian yang berhubungan dengan aktivitas komputer dengan komputer yang lain (jaringan komputer). didalam menu ini, terdapat : Firewall, Dial-Up, serta masih banyak yang lainnya.
6. Hardware
Menu ini berisikan submenu untuk mengatur Printer, konfigurasi grub, partisi Harddisk serta konfigurasi-konfigurasi lain yang berkaiatan erat dengan perangkat keras.
7. Cluster
Menu ini, sedikit asing bagi penulis, soale penulis sendiri belum pernah mencoba submenu yang ada di dalam menu ini. tapi yang jelas menu ini berisikan tentang konfigurasi cron-job, konfigurasi user dan group, konfigurasi webmin dan masih banyak lagi yang lainnya.

3 komentar:

Anonim mengatakan...

mas saya sally.
saya mw tanya kalau mengkoneksikan database pkai php di webmin itu gmana caranya terima kasih...

:::F@R!ZuKo::: mengatakan...

koneksi pake php gini aja sally :

?php
$db_hostname="localhost";
$db_username="root";
$db_password="";
$db_name="db_alamat1";
$link=mysql_connect($db_hostname,$db_username,$db_password) or die("Tidak Terkoneksi");
mysql_select_db($db_name,$link);
?

yang db_alamat1 (bold) bisa kamu ganti sesuai database yg kamu bikin...

btw, sally bisa ninggalin alamat blog or FB or yg bsa saya link-in... keep in touch... ^^

thx dah mampir... ^^

Anonim mengatakan...

saya sally..
saya kan pakai webmin bkan localhost.
jadi localhostnya itu di ganti apa?..

FB:http://www.facebook.com/sally.santika1