Home

Puisi

baak Gunadarma

Gunadarma

Studentsite

2/20/2010

Topik PI (Penulisan Ilmiah)

     Setelah mencari reverensi dari berbagai sumber untuk menentukan topik apa yang akan saya angkat sebagai materi penulisan ilmiah (PI) saya, akhirnya saya memutuskan untuk membuat sistem pengenalan wajah manusia sebagai sensor akses masuk ke komputer pribadi, sehingga pengguna dapat meningkatkan pengamanan pada komputer pribadinya tersebut guna melindungi data-data pribadi yang mungkin bersifat rahasia dan tidak ingin dilihat atau dibaca oleh orang lain.

   Cara kerja sistem ini cukup sederhana yaitu mencocokan wajah pemilik komputer pribadi dengan data yang sudah dibuat sebelumnya. Jika ternyata bentuk wajah tidak cocok maka orang tersebut tidak dapat mengakses masuk pada komputer atau laptop tersebut. Peningkatan analisa sistem ini masih terus diuji agar tingkat keberhasilan bekerjanya alat ini dapat terus ditingkatkan, karena sebenarnya bentuk wajah manusia itu berbeda-beda dan tidak ada satupun yang sama.

    Sistem ini menggunakan 3 lapis untuk menganalisa wajah manusia sehingga memperkecil tingkat kesalahan pada sistem. Pendeteksiannya antara lain :

  1. Ekstraksi warna kulit.
     Deteksi awal ini berguna untuk membedakan warna kulit seseorang sebelum dia mengakses masuk ke sebuah komputer namun ini hanya bersifat deteksi awal saja karena sulit untuk memastikan warna kulit bahkan pada orang yang sama, karena hal ini tergantung pada tempat orang tersebut mengakses komputer, karena ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi ketepatan pendeteksian ini diantaranya adalah faktor pencahayaan.

     2.    Analisis Fuzzy

     Setelah kandidat obyek wajah didapat, berikutnya perlu dilakukan proses identifikasi pada tiap-tiap obyek apakah ia merupakan citra wajah atau bukan. Selanjutnya bila ia adalah citra wajah, perlu juga dilakukan lokalisasi letak dari landmark wajah. Disini akan digunakan analisa fuzzy untuk medeteksi wajah, yang mana informasi warna, bentuk, simetri dan fitur landmark digunakan sebagai input. Untuk mengkuantisasi inputan ini, dibangun fungsi keanggotaan fuzzy untuk tiap-tiap fitur tersebut. Nilai keanggotaan fuzzy memberikan
indikasi ‘kecocokan’ obyek terhadap fitur yang sedang dievaluasi. Akhirnya proses agregasi fuzzy dilakukan untuk mendapatkan nilai fuzzy total. 
 

Setelah dilakukan analisis fuzzy menjadi

 

     3.  Graph Matching dengan algoritma genetika

     Pada analisis ini akan dipetakan sebuah wajah manusia letak-letak seluruh objek apa saja yang terdapat diwajah manusia tersebut, dimana letak mata, letak hidung, mulut dan lain sebagainya serta menghitung jarak antara obejek yang satu dengan objek lain sehingga mengurangi tingkat kesalahan yang akan terjadi. Berikut adalah prosesnya :


 

Kekurangan sistem ini
     Sistem ini membutuhkan sebuah alat penangkap gambar seperti webcam yang tidak semua orang memiliknya dirumah, sehingga tidak semua orang dapat menggunakan fasilitas sistem ini, namun dengan semakin berkembangnya teknologi yang berdampak semakin murahnya peralatan komputer, maka saya yakin tidak sulit untuk mendapatkan alat penangkap gambar untuk melengkapi komputer merka yang sekarangpun harganya sudah semakin murah.



2 komentar:

Diaz Kribozz mengatakan...

wah ide yang bagus..^^

:::F@R!ZuKo::: mengatakan...

pastinya.... ^^