Home

Puisi

baak Gunadarma

Gunadarma

Studentsite

4/13/2011

Profesi dan Job Desk yang berkaitan di bidang IT


Berikut ini akan dijelaskan mengenai beberapa jenis profesi atau pekerjaan yang berhubungan dengan bidang IT beserta tugas dan tanggung jawab yang diembannya.
Jenis Profesi yang pertama yaitu :
  1. IT Programmer, Bertanggung jawab sebagai pembuat dan pengembang system yang berada di suatu perusahaan, pembutan perangkat-perangkat lunak yang dirasa perlu dalam suatu perusahaan.
  2. Analyst Programmer, merancang, dan menguji program untuk mendukung perencanaan pengembangan aplikasi sistem. Setelah Analyst Programmer merancang suatu program atau project merka akan menyerahkannya ke bagian IT programmer yang hasil akhirnya nani akan dianalisis kembali apakah sudah sesuai dengan keinginan dan tujuan yang ingin dicapai atau belum.  
  3. Web Designer, mengembangkan rancangan design aplikasi web-based beserta isi dari aplikasi tersebut. Konten-konten yang diperlukan sebelumnya sudah di tentukan oleh bagian analyst atau pihak perusahaan, sehingga designer sudah tahu pasti apa saja yang akan dibuatnya.
  4. IT Executive, memelihara standard dan kesiapan sistem / infrastruktur untuk memastikan pengoperasiannya dapat efektif dan efisien, serta menerapkan prosedur IT dan proses untuk memastikan data terproteksi secara maksimum.
  5. IT Support, tanggung jawabnya ialah : mendukung segala kegiatan perkantoran yang menyangkut masalah IT / Komputer Seperti :

      • Menyelesaikan permintaan bantuan IT.
      • Membeli perangkat keras / Komputer karena dianggap mengerti spesifikasi, software dan hal-hal lain yang berhubungan dengan hal tersebut.
      • Instalasi, dan maintenance perangkat keras maupun lunak yang telah tersedia.
    Mengatur dan menyediakan data / informasi yang dibutuhkan untuk pembuatan laporan di setiap department
  6. Network Administrator, Bertanggung jawab mengenai pemasangan, konfigurasi dan perawatan jaringan LAN maupun WAN, yang terdapat di suatu perusahaan sehingga setiap orang di dalam kantor tersbut dapat terkoneksi dengan baik  
  7. Database Administrator, bertanggung jawab untuk administrasi dan pemeliharaan teknis yang menyangkut perusahaan dalam pembagian sistem database.  
  8. IT Administrator, menyediakan administrasi yang meliputi LAN, WAN dan koneksi dial-up, firewall, proxy serta pendukung teknisnya.  
  9.  IT Manager, mengatur kelancaran dari sistem IT, troubleshooting dan membantu organisasi dalam menangani permasalahan IT, dan sesuai dengan pengembangan IT yang baru dalam bidang yang diperlukan dan tugas yang paling penting adalah sebagai pengambil keputusan dalam suatu tindakan yang akan diambil. 
  10. Bussiness Development Manager, secara umum mengetahui kebutuhan akan pelanggan, memiliki ketajaman yang diperlukan dalam menopang dan menguntungkan bisnis, serta mempunyai kemampuan luas yang mampu menyerap dan berkomunikasi jelas tentang bisnis kompleks serta konsep teknologi.
  11. Account Manager, bertanggung jawab untuk kemajuan penjualan suatu solusi dan / atau produk serta target pendapatan.  
  12. ERP Consultant, memberikan konsultasi teknis pada implementasi solusi ERP, dan harus mempunyai beberapa pengetahuan tertentu dalam rangka memetakan proses. Biasanya orang yang bekerja di bidang ini sudah memiliki pengalaman yang cukup lama di bidang ERP  
  13. Helpdesk Analyst, menjadi pendukung end user ketika mengalami suatu masalah yang nantinya akan diteruskan ke bagian pengembang baik melalui email atau informasi lainya yang nantinya akan dilakukan berbagai perbaikan, setelah masalah terpecahkan maka bagian helpdesk akan menginformasikan kepada end user tersbut.  
  14. Systems Engineer, menyediakan rancangan sistem dan konsultasi terhadap pelanggan, memberikan respon terhadap permintaan technical queries serta dukungannya, dan melakukan pelatihan teknis ke pelanggan dan IT administrator.
  15. Profesi dan Job Desk Bidang IT di Negara Lain
    US :
    1.    Network Administrator, Tidak jauh berbeda dengan yang berada di Indonesia Network Administrtor / Administrator jaringan bertanggung jawab untuk menyiapkan, menginstalasi, dan memonitor jaringan LAN dan WAN, melakukan berbagai evaluasi, pemeliharaan, instalasi, dan tugas-tugas pelatihan untuk memastikan kinerja jaringan komputer perusahaan dan memenuhi kepuasan pengguna.
    2.       IT Manager, Bertanggung jawab memberi arahan dan mengawasi kinerja karyawan, khususnya yang berada di department IT. Mengambil segala keputusan suatu pekerjaan / project yang dikerjakan atau diterima. Selain itu IT manager juga memastikan system berjalan lancar dan menyediakan segala fasilitas pendukung yang diperlukan agar setiap yang berada di departementnya dapat melakuka kerjanya dengan baik. Tentunya IT manager harus memahami dan mengerti setiap pekerjaan yang dilakukan dalam departementnya agar setiap pekerjaan dapat di kontrol dan diawasi.
    3.    Database Administrator, Database Administrator bertugas mengidentifikasi kebutuhan klien dan memenuhi kebutuhan-kebutuhan melalui data penelitian yang tepat, mengumpulkan data, mengorganisasikannya, dan mengelolanya. Database Administrator mengembangkan database komputer dan mengaturnya, termasuk menulis instruksi yang tepat melalui bahasa pemrograman komputer untuk mengumpulkan dan memilah data yang relevan. Database Administrator memastikan bahwa sistem komputer dan database bekerja dengan baik sebagaimana mestinya, hal ini dikenal sebagai database performance tuning. Database Administrator menguji sistem database untuk memastikan bahwa mereka bekerja dengan benar, memastikan mem-back up data yang dilakukan secara berkala dalam kasus data akan hilang atau hancur, memulihkan data yang hilang atau rusak.
    4.    Programmer Analyst, Bertugas memeriksa / mengaudit pekerjaan IT programmer. Analyst bertanggung jawab untuk menginterprestasi coding pekerjaan Software Engineer dan menjalankannya dengan sebuah komputer, mengujinya, meng-encoding, mendokumentasikan, dan men-debug program. Jika masih terjadi kesalahan maka Programmer Analyst akan memetakan kesalahan tersebut dan membuat draft apa saja yang harus dilakukan dan menentukan metode pengerjaannya yang selanjutnya akan diserahkan kepada IT programmer.
    5.    Project Manager, Seringkali terdiri dari tim departemen user, wakil perusahaan departemen IT, komputer dan vendor jaringan, software OS dan vendor database dan vendor aplikasi, IT Project Manager membawa semua sumber daya yang diperlukan bersama-sama untuk komisi sistem baru dalam waktu singkat dan dengan biaya minimal bagi perusahaan. Mengambil keputusan dalam segala tindakan dalam project.
    6.    System Engineer, Memastikan bahwa semua sistem perusahaan berfungsi dengan lancar, memastikan bahwa setiap karyawan perusahaan semakin mampu untuk data tertentu, dan memastikan bahwa departemen IT perusahaan berjalan lancar.



    Sumber
http://www.pdfqueen.com/html/aHR0cDovL3pha2ktbWF0aC53ZWIudWdtLmFjLmlkL21hdGVtYXRpa2E

Tidak ada komentar: