Home

Puisi

baak Gunadarma

Gunadarma

Studentsite

12/29/2009

Ekspor Andalan Indonesia

1. Buah dan sayuran

saya pikir produk ini nggak ada tanding deh gan. Negara-negara yang sangat bergantung pada sayuran dan buah-buahan Indonesia adalah negara-negara UE, Timur-Tengah, Hongkong, dan Singapura. Dari semua itu Singapura yang paling besar dan merupakan peluan ekspor buah-buahan terbesar masa depan. Apalagi ada beberapa buah yang kebanyakan hanya tumbuh di Indonesia seperti salak, durian, dam rambutan. Pokoknya buah Indonesia banget deh... Oh iya sekarang Indonesia juga sudah menandatangani perjanjian ekspor salak dengan China

2. Mebel/Mebel Rotan


Soal furnitur boleh kita berbangga, karena Indonesia masih termasuk pengekspor furnitur terbesar di dunia terutama yang berbahan baku rotan. Maklum rotan kebanyak hanya didapati di hutan Indonesia. Dan pengrajin rotan pun kebanyakan hanya di Indonesia. Selain mebel rotan mebel-mebel kayu dari Indonesia juga masih sangat diperhitungkan dunia karena kekhasan dan kualitas kayunya. Lagi-lagi Indonesia harus berbangga heheheheh...

3. CPO/Minyak Sawit

Minyak sawit adalah komoditas ekspor terbesar Indonesia ke pasar timur tengah. Maklum di sono nggak ada kelapa sawit. Cuplikan berita : TEMPO Interaktif, Batamuta Besar RI untuk Cairo, AM Fachrir mengatakan, dilihat dari komposisi produk ekspor Indonesia ke Mesir maka minyak kelapa sawit atau crude palm oil (CPO) merupakan produk unggulan menempati urutan pertama dilihat dari nilai ekspor tersebut. Ekspor CPO periode Januari-Oktober 2008 mencapai 59,09 persen dengan nilai 394.699.874 dolar Amerika.


4. Kertas/Karton/Bahan Olahannya

Indonesia adalah termasuk penyumbang industri kertas yang terbesar sedunia. Makanya tidak heran jika di luar negeri kita akan mendapati kertas produk Indonesia.


5. Tekstil/Kain Tenun/Batik

Ini nih komoditas ekspor Indonesia yang paling top, apalagi batiknya, dah diakui UNESCO. Dan hingga hari ini belum ada saingan. Salah satu perusahan tekstil yang paling besar di Indonesia adalah PT. Apac Citra Centertex Tbk (IDX: MYTX) yang merupakan perusahaan multinasional yang memproduksi tekstil yang bermarkas di Jakarta, Indonesia. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1975. Perusahaan ini menghasilkan berbagai macam-macam bahan pakaian.

6. Ikan dan Hasil Olahannya

Sebagai negara kepulauan dan maritim, tentu hasil laut adalah produk unggulan yang bisa dipasarkan di dunia. Namun sayang hingga hari ini hasil laut kurang dioptimalkan oleh pemerintah. Semoga kelak hasil laut bisa dikembangkan lebih lanjut.


7. Kayu dan Hasil Hutan


Hutan kita memang kaya akan hasil kayu dan non-kayu tapi sayang pembalakan liar menjadi penyebab tidak optimalnya dan tidak terurusnya hutan kita. Hutan yang seharusnya bisa menjadi sumber kekayaan hayati Indonesia malah kini rusak oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab.

8. Hasil Tambang


Biasanya berupa emas, batubara, nikel, timah, dan migas. Walaupun sampai sekarang belum optimal, tapi dunia sudah mengakui keunggulan kualitas tambang Indonesia.

Itu sebagian dari banyak komoditas ekspor Indonesia. Itu tandanya Indonesia sebenarnya sangat dibutuhkan oleh banyak negara-negara di dunia. Namun mungkin karena SDM Indonesia masih sangat kurang dan pengelolaan kekayaan alam yang masih sangat minim dan penuh dengan penyelewengan maka Indonesia yang kaya terasa "miskin".

Ini komoditas ekspor Indonesia yang lain
1. Handicraft
Negara tujuan ekspor :
Australia, Japan, Singapore, Hong Kong, South Korea, PCA, Nigeria, South Africa, Saudi Arabia, USA, England, German, French, Italy, Spain, Dutch, Canada, Belgium,.

2. Fish and Fish Product
Negara tujuan ekspor :
Australia, Japan, Singapore, China, Malaysia, Taiwan, Hong Kong, Thailand, South Korea.

3. Medical Herbs
Negara tujuan ekspor :
Australia, Taiwan, Singapore, India, Hong Kong, Japan, Malaysia, China, South Korea, Saudi Arabia, PCA, French, German, USA, Russia, Dutch.

4. Leather and Leather Product
Negara tujuan ekspor :
Hong Kong, Vietnam, Singapore, China, Thailand, India, Japan, South Korea, Malaysia, Taiwan, South Africa, I gypt, United of I mirate Arabs, Italy, USA, German, Norway, Spain, England, Brazil.

5. Processed Food
Negara tujuan ekspor :
Singapore, Japan, Malaysia, Philippine, Hong Kong, India, Cambodia, Thailand, Taiwan, Australia, Vietnam, South Korea.

6. Jewellery
Negara tujuan ekspor :
Singapore, Hong Kong, Australia, Japan, PCA, USA, German, England, Italy, Spain.

7. Essential Olls
Negara tujuan ekspor :
Singapore, Malaysia, Thailand, Philippine, Japan, Vietnam, China, Hong Kong, Taiwan, India, Pakistan, PCA, Saudi Arabia, Yemen, Nigeria, Kenya, USA, French, England, Swiss, Spain, Dutch.

8. Spices
Negara tujuan ekspor :
Singapore, United of I mirate Arabs, Morocco, Algeria, Tunisia, USA, Dutch, Brazil, German, Belgium.

9. Stationary non Paper
Negara tujuan ekspor :
Singapore, Australia, Malaysia, Thailand, Hong Kong, Japan, New Zealand, Saudi Arabia, Iran, United of I mirate Arabs, USA, German, Belgium, England Mexico, Colombia, Sweden.

10. Medical Instrument and Appliances
Negara tujuan ekspor :
Japan, China, Singapore, Pakistan, Malaysia, Hong Kong, Samoa, Maldives, India, Saudi Arabia, United of I mirate Arabs, Kuwait, Qatar, German, USA, Swiss, Dutch, Andorna.
Dirangkum dari banyak sumber

Tidak ada komentar: