Home

Puisi

baak Gunadarma

Gunadarma

Studentsite

10/01/2009

Perang Grafik PS3 VS Xbox360

Saat kemunculan PS3 dan Xbox360,banyak perdebatan yang muncul tentang kualitas grafik dan keunggulannya masing – masing,dengan diambil dari beberapa sumber dari www.videogamersindonesia.com, kita akan coba membandingkan kualitas grafik kedua konsol tersebut. Dengan menggunakan game The Elder Scroll IV: Oblivion sebagai pembanding, Newtype dari forum VGI melakukan perbandingan langsung. Cari tahu console mana yang paling unggul dalam hal grafik.

Newtype melakukan uji grafik dengan adegan yang sama persis pada setiap konsol,tentunya dengan perbedaan kabel yang dipakai pada tiap konsol, PS3 menggunakan kabel HDMI, sedangkan Xbox360 hanya menggunakan kabel component. Sesuai semboyan Newtype,”dari gamer untuk gamer” perbandingan ini dilakukan, berikut foto - foto perbandingan grafik kedua game tersebut:



Versi PS3
 


Versi Xbox360



Versi PS3
 


Versi Xbox360
  


Versi PS3
  


Versi Xbox360



Versi PS3



Versi Xbox360
 


Perbandingan ini segera membuat forum PS VGI memanas. Ada yang menyatakan bahwa perbandingan ini tidak adil karena PS3 yang dipakai dalam perbandingan ini menggunakan kabel HDMI, sedangkan Xbox360 hanya menggunakan kabel component. Untuk memuaskan publik, Newtype segera mengganti input PS3 menjadi kabel component. Apakah hasilnya berubah? Kita lihat foto – foto dibawah ini:



 Versi PS3

 
 
 
Versi Xbox360
 


Versi PS3
  


Versi Xbox360
  


Versi PS3 dengan kabel component setelah koreksi color balance
 

 
 
Versi Xbox360 dengan kabel component setelah koreksi color balance

 
 
 
Hasilnya cukup membuktikan bahwa HDMI merupakan keunggulan tersendiri bagi PS3. Kualitas grafik PS3 yang menggunakan kabel component ternyata tak jauh berbeda dari Xbox360 yang menggunakan kabel component. Mungkin ini salah satu alasan kenapa Microsoft merilis Xbox360 Elite yang dilengkapi dengan kabel HDMI.
Meski di foto-foto ini perbedaan kualitas grafik PS3 (dengan kabel component) dan Xbox360 tak terlalu tampak, Newtype menyatakan bahwa perbedaannya cukup terasa jika dilihat dengan mata kepala sendiri.
Jika perbandingan diatas hanya menggunakan satu game saja, berikut rangkuman perbandingan beberapa game yang diambil berdasarkan survey kecil – kecilan 16 orang, berikut rangkumannya:
1.    ASSASSIN'S CREED
       Sulit rasanya membandingkan kedua versi game ini, karena keduanya mampu tampil memukau, baik detail lingkungan serta karakter, ataupun animasi serta cutscene. Namun, saat membandingkannya lebih mendalam, ditemukan sedikit perbedaan pada pencahayaan, kehalusan gerak, dan framerate. Nampaknya, versi Xbox 360 mampu menghasilkan efek pencahayaan lebih baik dan gerakan yang lebih halus. Tapi, bukan berarti versi PS3 tertinggal jauh. Secara umum, presentasi grafisnya tetap fantastis. Kekurangan versi PS3 yang sedikit menonjol terlihat jelas saat menggerakkan kamera di tengah keramaian (ada penurunan framerate).
 
2.      BURNOUT PARADISE 
         Seperti pada kasus kontroler, baik versi Xbox 360 maupun PS3 memiliki presentasi grafis yang sama-sama memukau. Detail kendaraan, gedung, serta lingkungan sekitar berjalan dengan mulus pada 60 frame per detik. Salut untuk EA selaku pengembang game ini yang telah optimal menggunakan resource grafis kedua konsol!
 
3.    CALL OF DUTY 4: MODERN WARFARE
       Apapun yang Anda lakukan; membunuh teroris, memberondong musuh dengan senjata dari berbagai "point of view," atau berputar-putar mengelilingi medan pertempuran, kedua versi berjalan dengan sajian gambar yang optimal. Tidak ada penurunan framerate baik untuk adegan santai maupun aksi. Dengan kata lain, di kategori ini keduanya berimbang!
 
4.    DEVIL MAY CRY 4
       Dalam kategori ini, keduanya mampu menyajikan tampilan yang sama-sama halus dan optimal. Hal ini sungguh tak terduga sebelumnya, mengingat Devil May Cry 4 sebenarnya diperuntukkan bagi konsol PS3 saja (game eksklusif), sehingga versi Xbox 360 seharusnya tak sebaik PS3. Artinya, Capcom selaku pembuatnya telah benar-benar mengoptimalkan grafis kedua versi game ini.


Semoga perbandingan ini memperluas khasanah dan membuka mata para gamer bahwa PS3 dan Xbox360 memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.


Credit to Erwin A from VGI
Credit to Newtype from VGI
Credit to Eko Ramaditya Adikara
Sumber:
videogamesindonesia.com
Hi-TechNews.net 



Tidak ada komentar: